PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKAMANA KABUPATEN MUSI RAWAS

Authors

  • Freedi Bobic STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Wawan Syafutra STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Rais Firlando STKIP PGRI Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.232

Keywords:

Modifikasi Permainan, Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan modifikasi permainan dalam meningkatkan
hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SD Negeri 1 Sukamana Kabupaten Musi Rawas.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Dengan desain yang
digunakan one group pretest-postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes unjuk
kerja. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: menghitung rata-rata dan simpangan baku, uji
normalitas, dan uji hipotesis. Hal ini terbukti dari tes akhir dengan menggunakan uji-t, hasilnya menunjukkan
bahwa thitung > ttabel (5 > 2,093) untuk taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan penerapan modifikasi
permainan dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SD Negeri 1 Sukamana Kabupaten
Musi Rawas secara signifikan meningkat.

Downloads

Published

2021-09-30