STRATEGI GURU DALAM PEMBERIAN TES PADA SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Desi Eka Pratiwi PGSD Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.231

Keywords:

Strategi Guru, Pemberian Tes, Siswa sekolah Dasar, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi-strategi yang dapat diterapkan guru dalam
memberikan tes kepada siswa selama proses pembelajaran daring di masa Covid-19. Strategi-strategi tersebut
penting diimplementasikan guru ketika dalam memberikan tes karena adanya kecenderungan yang dilakukan
siswa dalam menjawab pertanyaan yaitu dengan cara meminta bantuan jawaban kepada orang lain sehingga
mendapatkan nilai yang baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan
metode survey melibatkan 30 responden yang terdiri dari guru-guru SD di wilayah Mojokerto dan Surabaya.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey berbentuk wawancara terstruktur yang dikemas dalam
google form. Penggunaan google form dimaksudkan untuk mempurmudah responden dalam mengakses serta
meminimalisir keterbatasan ruang dan waktu. Teknik analisis data berdasarkan perhitungan data yang
diperoleh dari hasil wawancara terstruktur kemudian diolah dalam bentuk presentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) sebesar 40% strategi yang paling banyak diterapkan guru dalam meberikan tes kepada
siswa melalui WhatsApp Group, mengerjakan LKS/buku tema, membuat rangkuman; (2) sebesar 23% guru
memberikan tes melalui aplikasi online seperti (zoom meeting, google classroom, video conference, video call
); (3) sebesar 16% guru memberikan tes/ulangan harian melalui google form; (4) sebesar 10% melalui asesmen
personal, autentik, karakter dan penilaian berbasis proyek; (5) sebesar 1.25% penggunaan power point dengan
sistem timer; (7) 1.25% melalui penilaian produk dan proses; (8) 1.25% melalui metode home visit; (9) 1.25%
melalui pemberian kuis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evalusi dalam penyelenggaraan tes
selama proses pembelajaran daring sehingga guru kelas dapat mengetahui kemampuan kognitif siswa dengan
sesungguhnya sehingga asesmen yang diberikan guru bersifat objektif berdasarkan kemampuan individual
siswa.

Downloads

Published

2021-09-30