ANALISIS PROFESIONALITAS GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PANTE CERMIN

Authors

  • Arliyanti STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Agus Kistian STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Mardhatillah STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i1.22

Keywords:

Profesionalitas Guru, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah profesionalitas guru dalam kegiatan
pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pante Cermin Kecamatan Pante Ceureumen. Jenis Penelitian ini
bersifat deskriptif (descriptive research). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2020 pada semester
ganjil tahun ajaran 2020/2021, lokasi penelitian adalah di SD Negeri Pante Cermin Kecamatan Pante
Ceureumen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV. Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam
penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar validasi. Hasil penelitian dalam penelitian
ini adalah guru di SD Negeri Pante Cermin sudah termasuk dalam guru profesional karena dalam perencanaan
pembelajaran khususnya dalam menyusun (RPP) sudah cukup baik, mereka menyusun RPP sesuai dengan
petunjuk yang ditetapkan. Hal itu dapat dilihat pada membuat perangkat pembelajaran (RPP), pengalokasian
waktu, mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan, guru memiliki kompetensi dalam menggunakan
berbagai metode dan pemilihan media yang tepat, serta pengelolaan terhadap kelas menjalankan tugasnya
dengan baik secara ikhlas dan sabar dan mampu menguasai teknologi sesuai dengan pendidikannya, dan guru
memiliki latar belakang pendidikan terakhir sarjana (SI).

Downloads

Published

2021-03-01