ANALISIS INTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS V TEMA 6 EDISI REVISI 2017

Authors

  • Meiliani, R Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Supriyanto, T Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Astuti, T Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Yulianto, S Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.15

Keywords:

Afektif, Kognitif, Penilaian Autentik, Psikomotror.

Abstract

Penilaian dalam Kurikulum 2013 menggunakan penilaian autentik. Penilaian autentik meliputi tiga aspek, yakni ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Ketiga aspek tersebut harus termuat dalam instrumen pengukuran hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kualitas instrumen pengukuran hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor, (2) menganalisis distribusi jenjang ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Metode penelititan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah buku referensi pendalaman materi. lokasi penelitian dilingkup Gugus Dr. Wahidin Sudirohusoso Kabupaten Tegal. Hasil penelitian menunjukkan indeks validitas isi pada ranah kognitif berkategori tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitif pada soal pilihan ganda tidak merata dengan persentase jenjang mengetahui (C1) 53,33%, memahami (C2) 38,33%, dan jenjang menerapkan (C3) 8,3%. Distribusi jenjang ranah kognitif pada soal uraian jenjang mengetahui (C1) 33,33%, memahami (C2) 46% dan jenjang menerapkan (C3) 20%. Indeks validitas isi pada ranah afektif berkategori tinggi dengan distribusi jenjang ranah afektif tidak merata. Indeks validitas isi pada ranah psikomotor berkategori rendah dan distribusi jenjang ranah psikomotor yang tidak merata.

Downloads

Published

2023-03-29