PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELIHAT HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

Authors

  • Ramadona Anisa Pendidikan Matematika, Universitas Sjakhyakirti. Jl. Sultan Mansyur.
  • Andinasari Pendidikan Matematika, Universitas Sjakhyakirti. Jl. Sultan Mansyur.
  • Ria Maya Sari Pendidikan Matematika, Universitas Sjakhyakirti. Jl. Sultan Mansyur
  • A Kurdi Pendidikan Matematika, Universitas Sjakhyakirti. Jl. Sultan Mansyur

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.148

Keywords:

media pembelajaran, komik, hasil belajar, efektifitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan media komik pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII- I SMP Kecamatan Sukarami ditinjau dari hasil belajar dan keefektifan penggunaanya. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII- I SMP Kecamatan Sukarami. Intrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis dan lembar observasi aktifitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: (1) berdasarkan hasil tes hasil belajar, media komik yang digunakan dinyatakan efektif dengan ketuntasan tes hasil belajar adalah 95% dengan skor rata-rata kelas adalah 84,5 serta tercatat dalam kategori sangat efektif, (2) berdasarkan lembar observasi menunjukan respon positif dari peserta didik.

Downloads

Published

2023-03-31