MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • M.Teja Wibowo Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
  • Meriandani Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
  • Safna Yanti Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
  • Vania Nurhasana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
  • Putri Dahlia Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
  • Erwan Efendi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.10

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan suatu keharuasan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Manajemen pembelajaran merupakan proses mengelola, yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian (pengarahan), dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses membelajarkan peserta didik dengan mengikutsertakan berbagai faktor didalamnya, guna mencapai tujuan pendidikan dan berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui: perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran di suatu pendidikan. Hasil belajar yang rendah dipengaruhi oleh kurangnya minta siswa terhadap suatu mata pelajaran, kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, dan kurangnya kedisiplinan siswa. Cara meningkatkan hasil belajar siswa maka perlu sekali bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya, dan guru harus krearif dan inovatif didalam menggunakan metode, strategi, dan model pembelajaran.

Downloads

Published

2023-03-29