ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Siti Aminah Nababan, Henra Saputra Tanjung

Abstract


Abstract

Pemahaman matematika merupakan tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Konsep pembelajaran matematika yang abstrak membuat siswa kesulitan dalam memahami materi dan menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. yang bertujuan untuk: 1) melihat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diukur berdasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran dan hasil tes pada materi sistem persamaan linear tiga variabel; 2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pemahaman yang digunakan untuk penelitian ini yaitu pemahaman translasi (translation), pemahaman interpretasi (interpretation) dan pemahaman ekstrapolasi (ekstrapolation). Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap pertama melakukan persiapan, tahap kedua yakni melakukan pelaksanaan dan tahap ketiga adalah tahap akhir yakni menuliskan laporan dari hasil penelitian. Dari hasil observasi terhadap proses pembelajaran dan hasil tes yang diberikan diperoleh dari seluruh subjek penelitian hanya terdapat beberapa siswa yang mampu memahami konsep matematika dengan baik yakni dapat menguasai semua indikator pemahaman, juga terdapat beberapa siswa yang mampu menguasai dua indikator pemahaman dan adapula siswa yang hanya mampu menguasai satu indikator pemahaman saja.

 

Kata-kata kunci: Pemahaman Konsep, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alamsyah, M. 2017. Analisis kesulitan pemahaman konsep matematika dasar pada siswa kelas VIII MTSN Balang-Balang. Skripsi Sarjana, di terbitkan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Arnidha, Y. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Bangun Datar. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 3(1), 53-61.

.Darmawanti, V. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Maharani, L., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. 2013. Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Generative Learning Di Kelas VIII Smp Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-17.

Pujianingtias, E. N, Saputra, H. J, & Muhajir, M. 2019. Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257-263

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2)

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H.S. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Berbantuan Autograph. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Medan.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta. Kencana

Yusuf, A.M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.

Yusuf, M. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan.Palopo. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.