PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KISAH QUR’ANI UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA

Asraf Kurnia, Heri Effendi, Andra Usmanedi

Abstract


Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kisah qur’ani untuk penguatan karakter siswa.   Melalui libarary research dengan  kajian pustaka dan wawancara kepada beberapa guru PAI dan (referensi), buku, jurnal, dokumen dan sumber lainnya yang relevan dengan tujuan penelitian tersebut.  Dari hasil paparan materi didapatkan bahwa metode kisah qurani ini dapat dipergunakan oleh guru sebagai pendidik karena metode ini dapat menginternalisasikan nilai-nilai yang baik kepada diri peserta didik dengan jalan menyuguhkan ayat-ayat Alquran yang bermuatan kisah untuk diambil pelajaran. Metode qurani ini juga dapat menjadi salah satu solusi bagi guru selaku pendidik dalam mengajarkan materi kisah dalam pembelajaran PAI di sekolah yang dikolaborasikan dengan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 sekarang ini agar peserta didik dapat antusias dalam mengikuti pembelajaran PAI.

Kata-kata kunci: Pembelajaran PAI, Kisah Qur'ani, Karakter Siswa

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, M. L. (2018). Efektifitas Penerapan Metode Qissatu Alqurani untuk Meningkatkan Ahlak Mulia Siswa Kelas IV SD Cirebon Islamic School (CIS) Full Day. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 1, 153-164.

Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: CV Jejak.

Anshori, M. (2020). PENGARUH KISAH-KISAH AL-QUR’AN DALAM AKTIVITAS PENDIDIKAN. Dirasah, Volume 3, No 2, 155-167. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Dalimunthe, S. S. (2016). Metode Kisah dalam Perspektif Alquran. Jurnal Tarbiyah, Vol. 23, No. 2, 274-295.

Darmayanti, H. (2019). KISAH-KISAH DALAM AL-QURAN DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN. Jurnal Edukatif, 58-65.

Hatta, J. (2009). Urgensi Kisah-kisah dalam Alquran Al-Karim Bagi Proses Pembelajaran PAI Pada MI/SD. 13-26.

Imron, A. (2018). PANDANGAN ISLAM TENTANG AKHLAK DAN PERUBAHAN SERTA KONSEPTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmiah Studi Islam, 117-134.

Latif, M. A. (2021). Pengembangan Metode Pendidikan Agama Islam Berbasis Kisah Qurani Sebagai Media Penanaman karakter Islami. Idarah Tarbawiyah, Vol. 2, No. 1, , 21-36. doi:DOI: 10.32832/itjmie.v2i1.3659

Nugroho, I. (2017, Mei). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KISAH-KISAH YANG TERKANDUNG AYAT ALQURAN. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, Volume 8, Nomor 1, 91-102. Retrieved from http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi

Nurul Hidayatullah, N. K. (2017). Metode Ceramah, Diskusi, Cerita. Purwokerto: Academia.edu.

Octafrezi, P. (2018). TEORI DAN KONTRIBUSI METODE KISAH QUR’ANI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 212-229.

Purwadi, T. (2014). Efektifitas Metode Kisah Terhadap Hasil Pembelajaran Aqidah Ahlak Pada Siswa Kelas VIII di SMP Al-Mubarak Pondok Aren Tanggerang Selatan. Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Rasyid, H. A. (2010). Urgensi Metode Kisah Qurani dalam Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.

Rofiah, N. H. (2014). KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA SD/MI. UAD REPOSITORY, 1-14.

Rosita, M. (2016). Membentuk Karakter Siswa Melalui Metode KIsah Qurani. Fitrah, Vol. 02, No. 1, 53-72.

Safitriani, L. (2017). Penerapan Metode Kisah Qurani pada Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Adabiyah Palembang. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Fatah.

Saharudin, S. (2015). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Qurani Di Mts Al-Baqiyatusshalihat Nw Santong. El-Hikam, 8(1), 1-26.Syahidin. (2019). Aplikasi Metode Pendidikan Qurani dalam Pembelajaran PAI di Sekolah. Bandung: UPI Press.

Syahidin. (2019). Aplikasi Metode Pendidikan Qurani dalam Pembelajaan Agama Islam di Sekolah. Bandung: UPI Press.

Salamah, L. (2008). Efektifitas Metode Kisah dalam Pembelajaran Aqidah Ahlak di MA Al-Maarif Singosari Malang. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Tambak, S. (2016). Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah, Vol. 1, No. 1, 1-27.

Wahid, A. (2015). Penerapan Metode Kisah pada Mata Pelajaran Sejaran Kebudayaan Islam di MTs Al-Khairaat Bitung. Manado: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.