Peran Kecerdasan Spiritual dan Model Pembelajaran Terhadap Literasi Lingkungan Mahasiswa

Anik Pujiati, Rahmatulloh Rahmatulloh, Nurdeni Nurdeni

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi lingkungan mahasiswa dan model pembelajaran ditinjau dari kecerdasan spiritual (SQ) pada pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Populasi merupakan mahasiswa semester 5 yang mengambil mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dengan sampel 40 orang dari 2 kelas perlakuan. Penelitian ini merupakaan penelitian kuasi eksperimen dengan teknik analisis anova 2 arah (treatment by level). Treatment berupa perkuliahan yang dilakukan secara online dengan dua model model pembelajaran yaitu, model pembelajaran Chalenge Based Learning (CBL) dan model pembelajaran dengan ekspositori. Sedangkan untul veriabel level diambil dari kuesionare kecerdasan spiritual. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap literasi lingkungan, kecerdasan spiritual juga mempengaruhi literasi lingkungan, namun tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan spiritual terhadap literasi lingkungan mahasiswa.

 

Kata-kata kunci: kecerdasan spiritual, model pembelajaran, literasi lingkungan mahasiswa.

 

 


Full Text:

PDF

References


G. Daftar Pustaka

Environmental Literacy Task Force. (2015). A blueprint for environmental literacy: Educating every student in, about, and for the environment.

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi problem based learning dalam STEM education berorientasi pada aktualisasi literasi lingkungan dan kreativitas. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA (pp. 198–206).

Hidayat, S. (2014). Sacred Science VS. Secular Science: Carut Marut Hubungan Agama dan Sains. Kalam, 8(1), 87. https://doi.org/10.24042/klm.v8i1.169

Irianto Agus. (2010). Statistika Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. book.

M. Nawa Syarif Fajar Sakti. (2019). Urgensi Kecerdasan Spiritual Terhadap Agresivitas Mahasiswa. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 4(2), 175–184.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Mukarromah, M., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2020). Pengaruh Model Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 214. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13176

Pratama, A. Y., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2020). Pengaruh literasi lingkungan terhadap environmental responsibility siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 56–65. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i1.07

Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357

Utama, F. (2018). ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 7. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.59

Wijayanti, E. Y. (2021). Kontribusi Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emisonal, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Literasi Sains Peserta Didik SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Pancasakti Tegal.

Wilujeng, I., Dwandaru, W. S. B., & Rauf, R. A. B. A. (2019). The effectiveness of education for environmental sustainable development to enhance environmental literacy in science education: A case study of hydropower. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 521–528. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.19948


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.