PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR PADA SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

Authors

  • Sri Muryani SMA Negeri 3 Banda Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.750

Keywords:

Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Program Linear.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Banda Aceh selama tiga bulan sejak bulan Agustus sampai Oktober 2017 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi program linear dengan menerapkan model discovery learning pada siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 34 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi  dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pZZZada siklus I dan siklus 2. Dengan menerapkan model discovery learning dalam materi program linear bagi siswa kelas XI IPS-1 pada SMA Negeri 3 Banda Aceh diperoleh hasil tes pada siklus I  dengan persentase ketuntasan sebesar 61,8%, nilai rata-rata kelas sebesar 76,5 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 91,2% dengan nilai rata-rata kelas 85,3. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai  41,2% dan nilai rata-rata adalah 67,4. Dengan demikian  melalui penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi program linear pada siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Banda Aceh. Selain itu,  hasil pengamatan  pada proses belajar mengajar  memperlihatkan perubahan siswa lebih aktif pada siklus I dan siklus II dibandingkan dengan pra siklus atau sebelum dilakukannya tindakan kelas.

Downloads

Published

2023-07-31