PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN CANVA COMIC MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Saira Tassa Magister Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Irvan Magister Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Marah Doly Nst Magister Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.699

Keywords:

Komik, Matematika, Canva, 4D Models

Abstract

Revolusi Industri 4.0 telah hadir di Indonesia yang menuntut kemajuan teknis dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat yang lebih maju untuk mempercepat proses pembelajaran. Namun di lapangan masih menghadapi berbagai macam masalah, Salah satu masalah dalam pembelajaran kurangnya minat belajar siswa karena kurang menariknya kegiatan belajar mengajar di kelas maupun bahan ajar pembelajaran di gunakan oleh guru di kelas, maka dari itu perlu adanya inovasi dari guru untuk memperbaiki proses pendidikan seperti Pengembangan Komik dengan menggunakan Canva. Penelitian ini menggunakan model penembangan dari 4D Thiagarajan, Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDIT Al Hikmah. Tahapan dilakukan dengan langkah pertama, Define, lalu Design, dilanjutkan Develope dan terakhir Disseminate. Hasul dari penelitian ini adalah komik yang di kembangkan dalam kategori Valid dimana telah mendapat skor dengan klasifikasi sangat baik dari 3 orang ahli. Kemudian Praktis dari respon guru dan respon siswa dengan klasifikasi/kategori sangat baik, dan terakhir Efektif dilihat dari analisis Gainscore yang mendapat nilai sebesar 0,63 dan dalam kategori telah efektif dengan peningkatan hasl Belajar dalam klasifikasi sedang.

Downloads

Published

2023-01-31