PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MODEL ADDIE (SEKOLAH DASAR)

Authors

  • Rini Mulyasari Magister Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Irvan Magister Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Marah Doly Magister Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698

Keywords:

Bahan Ajar, Matematika, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa sekolah dasar AN-Nizam seperti Ketuntasan Hasil Belajar Matematika pada materi bangun ruang sisi data masih rendah. Tidak tersedianya bahan ajar yang mendukung, siswa kurang aktif karena mengunakan model pembelajaran konvesional, kurangnya pemahaman konsep matematis pada siswa. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pengembangan ADDIE di Sekolah Dasar. Tahapan pengembangan ADDIE Meliputi, Annalisis, Desain, Develope, Implementasi, Evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa yang menjadi sample dengan menggunakan random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah Hasil Validasi dari ahli bahan ajar sebesar 87%, ahli media sebesar 91%, ahli bahasa sebesar 87% dengan begitu bahan ajar di kategorikan VALID, Kemudian hasil penyebaran angket respon siswa dan guru memperoleh nilai rata-rata 90% yang berarti bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan. Kemudian dari hasil uji postest sebesar 95% siswa telah mencapai KKM dan dapat dikatakan bahwa media sudah efektif.

Downloads

Published

2023-01-31