ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON

Dazrullisa Dazrullisa, Khairil Hadi

Abstract


ABSTRAK

Siswa kelas X SMA Negeri 1 Seunagan mengalami kesulitan saat mengerjakan soal–soal matematika yang dijelaskan oleh guru matematika di sekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 1 Seunagan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linier satu variabel. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari delapan kriteria watson peneliti hanya mendeskripsikan tiga indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 1 Seunagan dalam  menyelesaikan soal matematika materi persamaan linier satu variabel berdasarkan kriteria Watson adalah pada data tidak tepat, ada 15 orang siswa belum dapat menyelesaikan soal tentang definisi dari nilai mutlak, tidak memahami tentang cara mengubah nilai mutlak, siswa menggunakan nilai yang tidak sesuai dalam proses penyelesaian dan siswa lupa harus menggunakan rumus yang sesuai dalam penyelesaian soal. Pada prosedur tidak tepat,  ada 12 orang siswa yang melakukan kesalahan dikarenakan siswa tidak melakukan proses penyelesaian soal dengan tepat karena langsung menuliskan hasil jawaban, kurang teliti dalam menjawab soal dan kurangnya kemampuan dalam operasi aljabar. Pada data hilang, ada 17 orang siswa yang melakukan kesalahan  disebabkan karena siswa tidak memahami maksud dari soal yang diberikan. Faktor penyebab kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 1 Seunagan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linier satu variabel dikarenakan siswa tidak dan susah memahami soal yang diberikan oleh guru, siswa tidak fokus saat belajar dan sering tidak memperhatikan nilai yang akan di selesaikan dan siswa belum memahami konsep dari definisi nilai mutlak dari materi sistem linear satu variabel.

Kata Kunci :

Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soal Matematika, Persamaan Linier Satu Variabel, Kriteria Watson.


Full Text:

PDF

References


Ekawati, E. 2011. Peran, Fungsi, Tujuan, dan Karakteristik Matematika Sekolah. Retrieved June 17, 2018, from http://p4tkmatematika.org/2011/10/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristikmatematika-sekolah/

CM Zubainur, Dazrullisa, Dazrullisa & Marwan. 2017. Kesalahan Siswa pada Materi Aljabar melalui Pembelajaran oleh Calon Guru yang Mendapat Pendampingan. Jurnal Didaktik Matematika 4 (1), 68-79

Dazrullisa, Dazrullisa. 2016. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Dalam Mencegah Kesalahan – Kesalahan Aljabar Pada Siswa SMP. Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Syiah Kuala. (52-53). Banda Aceh

Hudoyono. 2013.Pengembangan Pembelajaran Matematika. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Kamariah, 2018, (Skripsi), Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Berdasarkan Kriteria Watson Di Kelas Vii MTs Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa, Makassar: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.