INPUT PERSIAPAN PENDIRIAN PPG DI IAIN TERNATE

Authors

  • Usman Ilyas IAIN Ternate, Maluku Utara
  • Desi Rahmawati Universitas Negeri Jakarta
  • DJulaiha Abubakar IAIN Ternate, Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.653

Keywords:

Pendidikan Provesi Guru , Evaluasi,. UNJ

Abstract

Menjadi Profesi guru  merupakan sarat mutlak untuk menjadi guru, Pendidikan Profesi Guru (PPG)  mempersiapkan peserta didik  memiliki  keahlian khusus  sebagai guru. Pendidikan profesi guru harus  harus telah lulus  program sarjana (S1) baik sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan.  PPG merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku mulai tahun 2005.  Tujuan PPG untuk guru profesionl memiliki kompetensi merencanakan, melaksanakan, menghasilkan dan menilai pembelajaran. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana  Conteks, Input, Proses  dan Produk  Pendidikan Profesi Guru  Tehnik pengumpulan data, Observasi, wawancara, Dekomentasi. Hasil Penelitian adalah: a) Evaluasi konteks: Menghasilkan guru profesional  berkompetensi merencanakan, melaksanakan dan  menilai pembelajaran.    b). Evaluasi Input: Melakukan perencanaan Pendaftaran sampai pada ujian ahir,  c) Evaluasi Proses. Meliputi Sosialisasi, Seleksi, pelaksanaan: Daring, Orientasi, Workshop,  PPL ,  UKMPPG :  dan Ujian Akhir  . d) Evaluasi  Produk:  Jumlah Sarjana profesi guru tahun 2017 sebanyak  632 orang. Dan tahun 218 sebanyak 791 orang  sementara tahun 2019 masih dalam proses.  Input Pelaksanaan PPG tersebut untuk mendirikan PPG Di IAIN Ternate.

Downloads

Published

2022-05-31