PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KECAMATAN STABAT
Keywords:
E-Modul, Audio Visual, Kemandirian Belajar.Abstract
Pendidikan di Indonesia tentu memiliki maslah tersendiri, diantaranya ; (1) Guru kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring dikarenakan keterbatasan bahan ajar, (2) Guru hanya berbpegak kepada Buku manual yang di foto lalu di share melalui grup-grup Whatsapp, (3) Guru belum pernah membuat e-modul berbasis audiovisual, (4) Guru menyatakan setuju jika dikembangkan e-modul berbasis audivisual untuk di terapkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uraian permasalahan yang terjadi peneliti perlu menghadirkan sebuah solusi yang efektif, inovatif, dan interaktif. Solusinya yang bisa di berikan ialah mengembangkan bahan ajar yang berdasarkan teknologi, yaitu e-modul berbasis Audiovisual . Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4D, yakni Define, Design Develope and Disseminate, Hasil dari penelitian ini adalah modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria Layak dimana media sudah valid dari aspek multimedia, sangat valid dari aspek bahasa, dan sangat valid dari aspek Materi. Serta dari hasil uji gain score, peningkatan hasil belajar tergolong tinggi. Dari hasil tersebut maka bahan ajar yang di kembangkan mampu memfasilitasi belajar peserta didik.