PENGEMBANGAN MEDIA 3 DIMENSI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI REJOSARI

Authors

  • Eta Novita Sari UNPARI
  • Asep Sukenda Egok
  • Andriana Sofiarini

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.625

Abstract

Pembelajaran IPA yang valid, praktis, dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen sebagai validator media dan validator bahasa, guru kelas, dan 22 siswa kelas IV.B SD Negeri Rejosari. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation Hasil analisis validasi ahli media memperoleh angka 0,87% dalam kategori sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh angka 0,7%dengan kategori cukup valid. Validasi ahli materi memperoleh angka sebesar 0,81% dengan kategori sangat valid. Rekapitulasi persentase kepraktisan mencapai 80,66%dalam kategori sangat praktis. Kemudian hasil efektivitas memperoleh nilai N-gain sebesar 0,80 dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa Media 3 Dimensi Berbasis Kontekstual valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Media 3 Dimensi Berbasis Kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-07-31