PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL DIKELAS IV SD NEGERI PANTAI MURATARA

Authors

  • Suci Septriyanti Universitas PGRI Palembang
  • A. Heryanto Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Sunedi Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara penerapan pendidikan karakter pada siswa melalui literasi digital dikelas IV SD Negeri Pantai Muratara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Pantai Muratara. Sampel penelitian yaitu sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Dari hasil  analisis yang dilakukan penulis, bahwa penerapan Pendidikan karakter pada siswa melalui literasi digital, meliputi : disiplin, jujur, religious, tanggung jawab, dan tekun. Selanjutnya penulis melakukan penyebaran angket siswa dengan hasil akhir nilai rata-rata 81, dengan kriteria baik. Dimana dalam penyebaran angket siswa didapat  2 siswa memiliki kriteria cukup baik dengan persentase 10%, 12 siswa memiliki kriteria  baik dengan persentase 60 %, dan 6 siswa memiliki kriteria sangat baik  dengan persentase 30%.

Downloads

Published

2023-07-14