PERANAN FILSAFAT DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN

Authors

  • Yesasri Yesasri Mahasiswa
  • Septia Lasia Putri
  • Merika Setiawati
  • Ikhwan

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.602

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk melihat peranan filsafat dalam
perkembangan ilmu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui peranan filsafat dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Filsafat
memegang peranan penting dalam pendidikan. Seiring berjalan waktu
pendidikan tidak lagi sebagai kebutuhan sekunder tetapi kebutuhan primer.
Tujuan filsafat pendidikan memberikan inspirasi untuk menyelenggarakan
proses pembelajaran yang ideal. Teori pendidikan bertujuan untuk
mengembangkan gagasan tentang kebijakan dan prinsip pendidikan berdasarkan
filsafat pendidikan. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah
literatur review yaitu sebuah pencarian literatur baik internasional maupun
nasional yang dilakukan dengan menggunakan Google Cendikia, ScienceDirect,
dan Proquest.
Berdasarkan hasil data yang dikumpulkan dan dari analisis yang dilakukan
penulis mendapatkan hasil bahwa filsafat memiliki peranan dalam ilmu
pendidikan. Filsafat memegang peranan yang sangat penting dalam ilmu
pendidikan karena filsafat memberikan arah dan pedoman dasar bagi upaya
perbaikan, peningkatan kemajuan dan landasan yang kokoh untuk memelihara
sistem pendidikan. Filsafat dalam pendidikan mempunyai fungsi untuk
memberikan petunjuk dan arahdalam pengembangan teori-teori pendidikan
menjadi ilmu pendidikan. Dari penelitian literatur yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa Filsafat memegang peranan yang sangat penting dalam
ilmu pendidikan karena filsafat memberikan arah dan pedoman dasar bagi upaya
perbaikan, peningkatan kemajuan dan landasan yang kokoh untuk memelihara sistem pendidikan. Filsafat tidak hanya menghasilkan pengetahuan baru tetapi juga menghasilkan pendidikan.

Downloads

Published

2023-07-14