PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CAMTASIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Hanifah Hanifah, Ana Nurhasanah, Ikman Nur Rahman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa audio visual berbasis Camtasia studio pada mata pelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar dan untuk mengetahui respon siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis Camtasia studio. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan meliputi 4 tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate).  Media pembelajaran ini dilakukan uji validasi ahli, diantaranya ahli media, ahli materi dan ahli Pendidikan. Setelah diuji coba oleh tim ahli selanjutnya dilakukan uji coba produk dengan subjek penelitian yaitu 15 siswa kelas IV A SD Negeri Unyur. Hasil uji coba media pembelajaran audio visual berbasis Camtasia studio ini rata-rata skor validasi ahli sebesar 85,00% sehingga mendapat kategori “sangat layak” dan hasil uji coba produk (uji coba produk terbatas) mendapat rata-rata skor sebesar 81,46% dengan kategori “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan media pembelajaran audio visual berbasis Camtasia studio ini layak dan dapat dipergunakan.

Kata kunci: Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Camtasia Studio, Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran . Depok : PT Raja Grafindo.

Sugiyarti, dkk (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. ISSN 25285564.

Gilisaka, M. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Literasi Sains dengan Mneggunakan Software Camtasia Studio. Repository UIN Raden Intan Lampung.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS . Bandung: Alfabeta.

Hikmah, d. N. (2017). Pengembangan Video Animasi "Bang Dasi" Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar vol. 4 No.2.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Ciputat: Gaung Persada.

Munir. (2013). Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwono, U. (2008). Standar Penilaian Buku Pelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika . Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: CV Alfabeta.

________. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: CV Alfabeta.

________. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: CV Alfabeta.

________. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmanasa, d. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) Vol. 3 No. 2, 171-185.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Ujang Jamaludin, R. R. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep Aplikasi Bagi Guru dan Mahasiswa . Bekasi: CV. Nurani.

Wirasasmita, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Informatika Vol. 1 No. 2.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran . Jakarta: Prenada Media Group.

Yusuf, D. (2012). Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Berbasis PowerPoint. Ejurnal.ung.ac.id.

Mahlianurrahman, M., & Syamsu, F. D. (2019). Developing Tutorial Video for Enhancing Elementary School Students’ Process Skills in Science. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.