ANALISIS SELF-ESTEEM ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • Wilda Maulidia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heri Yusuf Muslihin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nuraly Masum Aprily Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.558

Abstract

Self-esteem merupakan sebuah penilaian seseorang terhadap dirinya. Penting bagi seorang anak prasekolah memiliki self-esteem yang tinggi untuk mendukung proses pembelajaran anak di sekolah. Karena self-esteem tinggi akan membuat anak lebih merasa percaya diri, lebih merasa dihargai, serta anak akan lebih yakin dalam menyelesaikan tugas di sekolah. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai teknik dalam pengumpulan data. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di SPS TAAM Al-Fauziyah yang berlokasi di kota Tasikmalaya, dengan sampel seluruh siswa kelompok A dan B di SPS TAAM Al-Fauziyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self-esteem anak dalam keadaan cukup baik, terlihat dari banyak anak yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Serta banyak anak yang mudah beradaptasi serta bersosialisasi dengan teman lainnya di kelas.

 

Downloads

Published

2023-07-06