PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN 4C (CRITICAL THINKING, COLLABORATION, COMMUNICATION, CREATIVITY) SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Authors

  • Masrina Universitas Malikussaleh
  • Sirry Alvina Universitas Malikussaleh
  • Fakhrah Universitas Malikussaleh
  • Mellyzar Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.555

Keywords:

Instrumen Penilaian, Keterampilan 4C, Sifat Koligatif Larutan, R&D

Abstract

Penelitian pengembangan ini dirancang untuk: 1) menghasilkan instrumen penilaian keterampilan 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, Creativity) siswa pada materi sifat koligatif larutan 2) mengetahui tingkat kelayakan dan respon guru terhadap instrumen penilaian keterampilan 4C yang mencakup tingkat validitas materi, validitas instrumen, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa MAN 3 Aceh Utara kelas XII IPA 2 dan 3 dan SMAN 1 Muara Batu kelas XII IPA 1 dan 2. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and development (R&D). Model penelitian yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil pengembangan instrumen penilaian keterampilan 4C yaitu berupa tes (soal berbasis HOTS) untuk mengukur ranah kognitif dan non tes (unjuk kerja) dengan format check list menggunakan skala likert untuk mengukur ranah afektif dan psikomotorik. Instrumen tes yang dibuat terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda dan 2 soal uraian dengan 8 butir anak dari soal uraian. Data hasil validasi ahli materi rata-rata sebasar 86,3%, ahli instrumen rata-rata sebasar 87,3%, dengan pencapaian kriteria sangat layak digunakan. Sedangkan data hasil analisis angket kelayakan rata-rata sebesar 87,8% kategori sangat layak dan respon pendidik 87,7% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil pada didapatkan hasil validasi dari 33 soal terdapat 2 butir soal tidak valid, nilai r11 = 0,941 soal dikatakan reliabel dengan tingkat kesukaran 19 soal sedang, 14 butir soal mudah, daya pembeda 3 butir sangat baik, 19 butir soal baik, 2 butir soal cukup dan 1 soal kategori jelek. Sedangkan analisis pada kelompok besar didapatkan hasil validasi tidak terdapat soal yang tidak valid, dengan nilai r11 = 0,799 soal dikatakan reliabel. Tingkat kesukaran soal terdapat 18 soal kategori sedang, 7 soal kategori mudah. Daya pembeda dari 25 soal pilihan ganda terdapat 1 butir jelek, 8 soal cukup, 12 soal baik dan 2 soal sangat baik, yang teridiri dari 7 soal mudah dan 18 soal sedang. Sedangkan pada penilaian unjuk kerja didapatkan hasil 1 butir tidak valid dan reliabilitas kategori sedang.

Downloads

Published

2023-07-03