PERSEPSI SISWA DIFABEL TERHADAP KELANJUTAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI

Nova Sari, Muhammad Iqbal

Abstract


Abstrak

Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan termasuk individu difabel.  Kenyataan di lapangan, tidak semua perguruan tinggi memfasilitasi pendidikan  bagi individu penyandang difabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa difabel terhadap pendidikan di pergurua tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas 3 SMALB Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur. Penelitian ini mendapati: 1) Rendahnya minat responden yang ingin melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi (21.1%). 2) Sistem seleksi sulit dilakukan karena tidak membedakan ketidakupayaan khusus pada individu penyandang difabel dan individu penyandang difabel masih harus bersaing dengan individu normal lainnya. 3). Sistem perkuliahan yang dilaksanakan tanpa memfasilitasi individu penyandang difabel menjadi hambatan bagi responden untuk melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi. 4) Terdapat berbagai kekhawatiran di kalangan responden yang berhubungan dengan ketidaksiapan lingkungan perguruan tinggi untuk melaksanakan pendidikan yang sesuai dengan ketidakupayaan khusus pada individu difabel. 5). Harapan responden terhadap pemerintah dan/atau lembaga perguruan tinggi untuk memenuhi hak pendidikan yang sesuai dengan ketidakupayaan pada individu penyandang difabel belum terpenuhi dikarenakan tidak semua perguruan tinggi melakanakan kebijakan yang telah diamanahkan dalam undang-undang dan/atau peraturan menteri.

Kata-Kata Kunci: 1) Persepsi; 2) Siswa Difabel; 3) Kelanjutan Studi di Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

David Hizkia Tobing dkk. (2016). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Program Studi Psikologi. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Daymon, Christine dan Holloway, Immy. (2008). Metode Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Comunications. Terjemahan oleh Cahya WIratama. Bandung: PT Bentang Pustaka

Direktorat Jenderal Belmawa, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia tahun 2019 tentang Pedoman Pendaftaran Beasiswa Difabel.

Jati Rinakri Atmaja. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjia Rahardjo (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (online): https://core.ac.uk/download/pdf/80816930.pdf diakses tanggal 1 Juli 2019

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta:EGC.

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas)

Wardani dkk. (2008). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yohanes Enggar Harususilo (2019) 4 Kampus Negeri di Indonesia Ini Bisa Diikuti Sahabat Difabel. (online): https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/04/21212571/4-kampus-negeri-di-indonesia-ini-bisa-diikuti-sahabat-difabel?page=all diakses tanggal 10 September 2020

Syamsu, F. D., Hadi, K., & Razab, A. (2020). MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.