UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVENT DIVISION) PADA SISWA KELAS XI TAV (TEKNIK AUDIO VIDEO) B SEMESTER I TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Galih Toni Purwanto Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UKSW Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.546

Keywords:

Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa, Student Teams Achievent Division

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan
keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dengan mengunakan metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievent Division. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan
hasil sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan yang berkaitan dengan keaktifan dan hasil belajar
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student
Teams Achievent Division) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAV B. Keaktifan
siswa mengalami dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 51,5% menjadi 72,7% pada siklus I dan meningkat
kembali menjadi 93,9% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal (pra siklus)
sebesar 39,3% menjadi 72,7% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 100% pada siklus II. 

Downloads

Published

2023-06-27