UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI GERAK DASAR LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI ALAT BAN SEPEDA DAN KARDUS PADA SISWA KELAS V DI SDN XVI MARGAHAYU BEKASI

Authors

  • Hasan Basri Universitas Islam “45” Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.544

Keywords:

Hasil Pembelajaran, modifikasi alat ban sepeda dan kardus

Abstract

Hasil Belajar Materi Gerak Dasar Lompat Jauh Melalui Modifikasi Alat Ban Sepeda Dan Kardus
Pada Siswa Kelas V Di SDN XVI Margahayu Bekasi.Skripsi.Penjaskesrek, Universitas Islam “45”
Bekasi.Tujuan penelitian yaitu “untuk mengetahui hasil belajar materi gerak dasar lompat jauh melalui
modifikasi alat ban sepeda dan kardus”. Permasalahan penelitian adalah “untuk mengetahui sejauh mana
hasil belajar materi gerak dasar lompat jauh melalui modifikasi alat ban sepeda dan kardus?” Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SDN XVI Margahayu Bekasi dengan total seluruh sampel berjumlah
36 siswa dari kelas 5 tahun ajaran 2017/2018Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian
tindak kelas (PTK), dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut : (1) tahap perencanaan, (2) tahap
pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa :
Instrumen ini di buat oleh peneliti sendiri sesuai dengan referensi dan pengamatan Berdasarkan data yang
diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SDN XVI Margahayu Bekasi dari pra siklus ke
siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pada pra siklus adalah 68.Siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa, atau
sebanyak 33 siswa belum tuntas. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 73,6. Siswa yang tuntas sebanyak
15 siswa dan sebanyak 21 siswa yangbelum tuntas. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 78,5. Siswa yang
tuntas sebanyak 32 siswa, dan sebanyak 4 siswa yangbelum tuntas.

Downloads

Published

2023-06-27