HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENJASKES KELAS X DI SMA SEKOLAH RAKYAT BABELAN

Authors

  • Muflikhul Fajri Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.543

Keywords:

Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Peserta Didik.

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi
belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran penjaskes kelas X di SMA
Sekolah Rakyat Babelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan
prestasi belajar peserta didik dan dengan pendekatan korelasi. Penulis menggunakan teknik simple
random sampling dengan mengambil sampel secara acak sebanyak 67 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu dengan menggunakan angket sebanyak 26 butir
pertanyaan/pernyataan untuk mengetahui motivasi belajar dan menggunakan test (nilai rapot) mata
pelajaran penjaskes kelas X di semester 1 untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik. Teknik
analisis data yang digunakan penulis adalah koefisien korelasi product moment dan koefisien
determinasi. Dari hasil penelitian, dapat diperoleh nilai koefisien korelasi rxy=0,84 dan koefisien
determinasi KD=70,56%. Dan dari pengujian hipotesis diketahui bahwa thitung=12,,47 dan
ttabel=1,668, yang berarti bahwa thitung˃ttabel ( t hitung lebih besar dari t tabel ).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara
motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran penjaskes kelas X di SMA
Sekolah Rakyat Babelan –Bekasi. 

Downloads

Published

2023-06-27