IMPLEMENTASI PENDEKATAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI KELAS IV SD NEGERI PAYA PEUNAGA

Authors

  • Febry Fahreza STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Junikar STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.542

Keywords:

Pendekatan Lesson Study, Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan lesson study terhadap
karakter siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IVB SD Negeri Paya Peunaga, untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran melalui penerapan pendekatan lesson study pada siswa kelas IVB SD Negeri Paya
Peunaga, sebagai upaya menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada pembelajaran PKn.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah IV/B SD Negeri Paya Peunaga sebanyak 28 (dua puluh delapan) siswa, terdiri dari
12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Teknik analisis data adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data
Display). Dari hasil penelitian ditemukan terdapat penerapan pendekatan lesson study terhadap karakter
disiplin dan tanggung jawab siswa memiliki dampak positif dalam meningkatkan terhadap karakter
disiplin dan tanggung jawab siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam
setiap siklus, yaitu sebelum perbaikan (14,28%), siklus I (64,28%), siklus II (85%). Jadi kesimpulan
pembahasan adalah penerapan pendekatan lesson study memiliki dampak positif terhadap kerjasama
antara siswa, hal ini ditunjukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih
mampu mengajari temannya yang kurang mampu.

Downloads

Published

2023-06-27