PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SDN 4 BANDA ACEH

Authors

  • Agus Kistian STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.541

Keywords:

Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together
(NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasIV SDN 4 Banda
Aceh yang berjumlah 50 siswa, sedangkan teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling semua
populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikan
secara essay sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus
uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan
dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari nilai tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,11 > 1,67, sehingga H0 ditolak
dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 4
Banda Aceh.

Downloads

Published

2023-06-27