MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 5 MEUREUBO

Authors

  • Arief Aulia Rahman STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.538

Keywords:

Aktivitas, prestasi belajar, Contekstual Teaching and Learning (CTL)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMPN 5 Meureubo ternyata prestasi belajar siswa masi kurang. Nilai
ulangan siswa yaitu 60, sehingga tidak mencapai KriteriaKetuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan
disekolah yaitu 72. Salah satu penyebabnya adalah gur lebih banyak menggunakan pembelajaran konvensional
dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mengimplementaskan CTL
dengan bantuan alat peragasehingga prestasi belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang sisi datar melalui implementasi CTL
dengan bantuan alat peraga dan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang
sisi datar melalui implementasi CTL berbantu alat peraga pada siswa kelas VIII SMPN 5 Meureubo. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Meureubo yang berjumlah 16
siswa. Teknik pengumpulan datanya meliputi: Observasi, Tes dan Angket. Teknik analisis data dengan
menggunakan rumus persentase. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini
adalah: lembar tes, lembar observasi guru dan siswa, dan angket. Penelitian dilaksanakan sampai dua siklus.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh persentase hasil belajar siswa pada siklus I yaitu: 68,75% siswa yang
tuntas atau telah memahami pembelajaran yang dilakukan dan 31,25% siswa yang belum tuntas dikarenakan
belum sepenuhnya mengerti pada pembelajaran yg dilakukan dengan mengunakan alat peraga. Pada siklus II
diperoleh peningkatan hasil belajar siswa mencapai 87,5% hampir seluruh sswa dapat memahami pembelajaran
yang menggunakan alat peraga dengan mengimplementasikan CTL dan 12,5% siswa yang belum tuntas
dikarenakan siswa belum memahami pembelajaran yang telah diberikan.

Downloads

Published

2023-06-27