ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWAPADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA NAGAN RAYA

Authors

  • Syah Mohd Hadiid Thaariq STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Reza Saliti Novi Yanda STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.537

Keywords:

Media Audio Visual, Pemahaman, Sistem Peredaran Darah Manusia.

Abstract

: Efektifitas media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman siswa kelas XI SMAN 1 Kuala.
Tujuan penggunaannya adalah untuk mengetahui penggunaaan media audio visual terhadap pemahaman
siswa. Siswa susah memahami materi pembelajaran dikarenakan guru tidak menggunakan media
pembelajaran yang membuat siswa bisa memahami materi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket, observasi dan tes. Yang
menjadi tempat penelitian ini yaitu SMAN 1 Kuala. Hasil belajar siswa di kelas eksperimen mendapatkan
rata-rata pada tes awal yaitu 66,12 dan mengalami peningkatan pada tes akhir dengan rata-rata 77,25.
Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata tes awal yaitu 61,33 dan mengalami peningkatan pada
tes akhir yaitu 63,6. Hasil uji-t terhadap penilaian tes awal diperoleh t-hitung < t-tabel (1,016 < 2,042) pada α
= 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berangkat
dari kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil uji-t terhadap hasil tes akhir diperoleh t-hitung > t-tabel
(21,06 > 2,042) pada α = 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol sesuai hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Pemahaman siswa kelas eksperimen
lebih meningkat dari pada kelas kontrol. Media pembelajaran audio visual lebih efektif digunakan dalam
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem peredaran darah manusia kelas XI SMAN 1 Kuala.

Downloads

Published

2023-06-27