IMPLEMENTASI STRATEGI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Sunardi Universitas Ahmad Dahlan
  • Budi Santosa Magister Pendidikan Guru Vokasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.526

Keywords:

Partisipasi Belajar, Team Assisted Individualization

Abstract

Rendahnya partisipasi belajar siswa kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah 2 Andong pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa XI TKR 1 SMK Muhammadiyah 2 Andong melalui strategi Team Assisted Individualization . Penelitian ini melibatkan 36 siswa dan dilakukan dengan satu siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau yang lebih dikenal dengan (Classroom Action Reseach). Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dan sumber lain yang dianggap mampu mengembangkan penelitian. Data yang diperoleh kemudian diambil kesimpulan dari reduksi dan penampilan data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan partisipasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Indivudualization (TAI) partisipasi siswa rata-rata 15 anak (43%) menjadi 19 anak (52%).

Downloads

Published

2023-06-28