PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS KELAS X SMAN 1 BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA

Authors

  • Rufa Hera STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i1.525

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Materi pencemaran lingkungan Kelas X IPA di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan
Raya’’.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving
terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen dengan populasi siswa kelas X di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Sampel
penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas XI. IPA1 sebagai kelas
eksperimen berjumlah 20 siswa dankelas XI.IPA2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal tes dan lembar validasi,
sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan validasi. Data yang diperoleh dari
hasil penelitian ini berupa hasil tes yang diberikan kepada kedua kelas yaitu sebelum pembelajaran dan
sesudah pembelajaran dengan soal yang sama, kemudian nilai hasil tes tersebut diolah dengan
menggunakan uji-t.Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji
hipotesis, maka diperoleh thitung = 20,52 dengan demikian thitung> ttabel atau 20,52 > 1,73406, maka Ha diterima dan H0 ditolak dengan taraf signifikan α = 0,05. Maka hipotesis pada penelitian ini di terima. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem solving
dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dibandingkan dengan model konvensional Pada Materi
Materi pencemaran lingkungan Kelas X IPA di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya.

Downloads

Published

2023-06-27