ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV BAGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SALATIGA

Authors

  • Erlangga Mawasdi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tri Nova Hasti Yunianta Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i1.524

Keywords:

SPLDV, Analisis Kesalahan Newman, Scaffolding, dan Soal Cerita.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang
dilakukan siswa MTs Negeri Salatiga dalam menyelesaikan soal certa materi SPLDV berdasarkan analisis
kesalahan menurut Newman serta memberikan tindakan berupa pemberian scaffolding untuk mambantu siswa
mengatasi kesalahan tersebut. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VIII MTS Negeri Salatiga. Subjek
dipilih berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan soal cerita materi SPLDV. Pengumpulan
data dilakukan dengan melakukan tes materi SPLDV dan wawancara. Pedoman wawancara dalam penelitian ini
disesuaikan dengan teori kriteria kesalahan Newman kemudian kegiatan scaffolding dibuat berdasarkan teori
Anghileri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV,
terdiri dari: (1) comprehension error (kesalahan memahami); (2) transformation error (kesalahan memproses),
(3) procces skill error (kesalahan memproses), dan (4) encoding error (kesalahan penulisan jawaban akhir).
Bentuk scaffolding yang diberikan untuk setiap tipe kesalahan, yaitu: scaffolding yang diberikan pada
comprehension error (kesalahan memahami) adalah expaining dan reviewing, scaffolding yang diberikan pada
transformation error (kesalahan mentransformasi) adalah explaining dan reviewing, scaffolding yang diberikan
pada procces skill error (kesalahan memproses) adalah explaining, reviewing dan restructuring, scaffolding yang
diberikan pada encoding error (kesalahan penulisan jawaban akhir) adalah explaining dan reviewing.

Downloads

Published

2023-06-27