PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KELAS VIII MATERI FUNGSI DI SMP NEGERI 2 MOJOSONGO

Authors

  • Arriska Adhi Nugraheni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Tri Nova Hasti Yunianta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i1.523

Keywords:

metode SQ3R, pemahaman konsep, fungsi

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan metode SQ3R dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VIII pada materi fungsi di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Metode
pembelajaran SQ3R terdiri dari survey yaitu memeriksa secara singkat seluruh struktur teks, question
yaitu memberi contoh untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat dan relevan dengan
bagian-bagian teks yang telah ditandai pada langkah survey, read yaitu membaca secara aktif dalam
rangka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun, recite yaitu menyebutkan lagi
jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun dalam kesempatan ini siswa dilatih untuk tidak
membuka catatan jawaban, review yaitu meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban secara singkat.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Subyek penelitian adalah
siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 34 siswa.
Pelaksanaan dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian siklus I dengan ratarata 78 dan siswa yang tuntas ada 22 siswa atau 65% sedangkan hasil tes sikus II dengan rata-rata 87 dan
siswa yang tuntas ada 32 siswa atau 94%. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman
konsep dengan metode SQ3R pada materi fungi kelas VIII B SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali.

Downloads

Published

2023-06-27