DESKRIPSI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN LEVEL TAKSONOMI SOLO

Authors

  • Rian Ika Pesona Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Tri Nova Hasti Yunianta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i1.521

Keywords:

Kemampuan Matematika, Pemecahan Masalah, SPLDV, Taksonomi SOLO

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan matematika siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan level
taksonomi SOLO. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa SMP Negeri 2 Mojosongo yang terdiri dari satu
siswa berkemampuan matematika tinggi (SKT), satu siswa berkemampuan matematika sedang (SKS) dan satu
siswa berkemampuan matematika rendah (SKR) yang telah mempelajari sistem persamaan linear dua variabel.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dilanjutkan wawancara secara individual untuk memperoleh
data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi (SKT) mampu
memenuhi indikator yang ada pada level tertinggi dalam taksonomi SOLO yaitu, level extended abstrak, siswa
berkemampuan matematika sedang (SKS) mampu memenuhi indikator yang ada pada level multistruktural dan
siswa berkemampuan matematika rendah (SKR) mampu memenuhi indikator yang ada pada level unistruktural.

Downloads

Published

2023-06-27