EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN MEDAN MARELAN

Authors

  • Nina Hastina Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Dahniar Harahap Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v9i1.513

Keywords:

Evaluasi, Komponen, Pendidikan Inklusif, ABK

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah umum menempatkan siswa berkebutuhan khusus.
Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan SD penyelenggaran pendidikan inklusif. Subjek penelitian meliputi
SDN No. 064999 Medan Marelan. Pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan perlu tindakan refleksi dan perbaikan pada komponen penyelenggaraan pendidikan
inklusif yaitu (1) Tenaga Pendidik khusus untuk guru pendamping khusus (GPK). (2) Saranan dan Prasana yang
belum menyesuaikan kebutuhan ABK secara keseluruhan.(3)Keuangan/Dana dari pemerintah untuk
penyelenggara pendidikan inklusif.(4) Evaluasi tingkat daerah dan Nasional (UN) khusus untuk sisiwa ABK di
sekolah reguler.

Downloads

Published

2023-06-27