PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 KAWAY XVI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sel dikelas XI di SMA N1 kaway dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2. Untuk membandingkan hasil belajar dengan model STAD dan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian tentang penerapan model STAD terhadap hasil belajar, jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK ( penelitian tindakan kelas ) pendekatan yang dilakukan pendekatan kualitatif, populasi dan sampel yang diambil siswa kelas XI MIA 2, dan teknik pegumpulan data yang digunakan iyalah berupa lembar tes, lembar observasi, lembar wawacaran dan dikumentasi, setalah dilakukan penelitian maka terdapat hasil belajaran menggunakan model tersebut membuat hasil lebih meningkat dari pada sebelummya, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.