ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI GUNUNG KELING

Authors

  • Dewi Yusanti STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Agus Kistian STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i2.452

Keywords:

Analisis, Strategi Guru, Nilai Pendidikan Karakter.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan
karakter di SD Negeri Gunung Keling, untuk mengetahui langkah-langkah guru dalam menanamkan nilai
pendidikan karakter di SD Negeri Gunung Keling, untuk mengetahui kendala-kendala apasaja seorang guru
dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunung Keling. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research). Subjek dalam penelitian guru
dan siswa SD Negeri Gunung Keling. Waktu penelitian pada bulan Agustus 2018. Teknik pengumpulan datanya
seperti, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Instrumen seperti: lembar observasi,
lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Data penelitian yang akan dianalisis pada penelitian ini adalah
strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunung Keling, strategi yang tepat
agar dalam penanaman nilai-nilai karakter menjadi lebih mudah dan dapat sesuai dengan harapan, tujuan yang
ingin dicapai. langkah-langkah guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunong Keling
dapat dilihat dari mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan di sekolah yang perlu dikuasai, pengembangan kegiatan,
pelaksanaan kegiatan serta pihak-pihak yang terlibat sebagai pendukung terbentuknya karakter peserta didik.
kendala-kendala apa saja seorang guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunung
Keling dapat dilihat dari dua faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter, yaitu dari
luar dan dari dalam. Faktor dari luar adalah faktor yang berasal dari lingkungan sekitars iswa, pesatnya
teknologi yang tidak bias dibendung di masyarakat, dan kadang bias berdampak buruk bagi perkembangan
kepribadian siswa, seperti adanya tontonan-tontonan yang tidak mendidik di televisi, dan sebagainya.

Downloads

Published

2020-09-30