PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI PASI PINANG KABUPATEN ACEH BARAT

Febry Fahreza, Agus Kistian, Safrijal Safrijal

Abstract


Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SD Negeri Pasi Pinang? (2) Faktor apa sajakah yang menghambat dan mendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di SD Negeri Pasi Pinang?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimanakah pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SD Negeri Pasi Pinang. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di SD Negeri Pasi Pinang? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dan Guru SD Negeri Pasi Pinang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lembar instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi, lembar wawancara, lembar dokumentasi,. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di perpustakaan SD Negeri Pasi Pinang adalah perpustakaan sebagai tempat penanaman sikap sadar penting membaca atau informasi, perpustakaan sebagai tempat belajar bagi siswa, perpustakaan sebagai tempat rekreasi bagi siswa, dan perpustakaan sebagai sarana pembentukan sikap. Adapun faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan sebagi sumber belajar bagi siswa di SD Negeri Pasi Pinang adalah sarana dan prasarana sekolah yang menjdi komponen penting yang mendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagi sumber belajar siswa di SD Negeri Pasi Pinang, adanya jadwal kunjungan perpustakaan oleh siswa yang ditetapkan langsung oleh sekolah, merupakan suatu hal yang sangat mendukung dalam pemanfaatn perpustakan, semangat guru dalam mendampingi siswa, antusias dan semangat siswa, kerjasama yang baik antar warga sekolah. Adapun faktor yang menghambat pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa adalah tidak adanya kartu kunjungan perpustakaan oleh siswa, tidak adanya staf pembantu kepala unit perpustakaan di SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat.

 

Kata Kunci :  Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Darmono, 2011. Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhaimin, 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media Margono.

Miles dan Huberman, 2011. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suherman. 2013. Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah: referensi pengelolaan perpustakaan sekolah, Bandung: Literate Publishing.

Sitepu, 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.