UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEUDE LINTENG

Agus Kistian, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa Kelas IV SD Negeri Keude Linteng. Jenis penelitian yang digunakan  adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Keude Linteng. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktifitas siswa, dan lembar observasi aktifitas guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Keude Linteng”. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya, hasil belajar yang diperoleh pada pra tindakan persentase jumlah siswa yang tuntas hanya 4 orang siswa atau 20,00% dari 20 orang siswa, dan sesudah menerapkan penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) siklus I hasil belajar siswa meningkat namun belum maksimal, persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM baru 11 orang siswa atau 55,00%, Sehingga perlu diadakan siklus II, setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang sangat signifikan dan sudah mencapai target yang telah ditentukan maka siklus dihentikan, dimana persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 18 orang atau 90,00% dari jumlah siswa secara keseluruhan.

 

Kata Kunci : Pendekatan CTL, Hasil Belajar, IPA.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto S., Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara, 1995.

Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono, Supardi, Penlitian Tinadakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara., 2000

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta, 2002.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Bob Foster, Seribu Pena Fisika SLTP Kelas 1. Jakarta, Erlangga, 1999

Budi Purwanto, Pelajaran Fisika, Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Djamarah, BS. Dan A. Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM. 1982

Jamaluddin, strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Balai Aksara, 2003.

Muhaimin, dkk. Strategi Belajar Mengajar: Penerapan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, Surabaya: CV. Citra Media, 1996.

Marimba,dkk. Hasil Belajar, Jakarta, Balai Pustaka, 1978

Nawawi, Strategi dan Hasil Belajar, Jakarta, Balaiaksara, 1981

Nurhadi dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.

Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976

Roestiyah N. K., Strategi Pengajaran Ilmu Eksact, Jakarta: Rineka Cipta, 2001

Sudjatmiko, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sukardi, Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta, Balai pustaka, 2004.

Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo, 2008.

Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Suyanto, Pedoman Pelaksanaan Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud, 1997.

Sumadi dkk, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1989.

Tim, Abdi Guru, IPA Terpadu Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga, 2006

Winarno Surachmad, Pengantar Metodelogi Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1978.

Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia, 1986.

WJS. Poerdaminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet V, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Yahya, dkk Mendidik Anak yang Berprestasi, Jakarta: Bumi Aksara, 1995


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.