HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

Authors

  • Indah Nur Wulansari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Umbu Tagela Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sapto Irawan Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.443

Keywords:

Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi
belajar siswa kelas X SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa dan
sampel dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik total sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan skala likert. Skala kepercayaan
diri disusun berdasarkan teori Lauster (2006) oleh Indah Nur Wulansari (penulis) dan skala motivasi belajar yang
diadopsi dari Gigih (2014) dan dimodifikasi oleh Indah Nur Wulansari (penulis). Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendall’s tau-b. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
program SPSS for Windows 20.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r = 0,183, α = 0,001 maka
0,001 < 0,05 artinya bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa
kelas X SMA Kristen Satya Wacana Salatiga.

Downloads

Published

2019-07-31