PENGARUH KUALITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA KRISTEN 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.439Keywords:
:kualitas layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen 1 Salatiga khususnya kelas XI. Pengambilan subjek
penelitian dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total
seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga yang berjumlah 80 peseerta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap
kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam
penelitian ini adalah skala layanan bimbingan belajar mengacu pada teori W.S. Winkel (2006) dan skala
kemandirian belajar yang disusun oleh Dewi Anjani (2013) yang mengacu pada teori Hiemstra (1998). Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan program
SPSS for windows release 20.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI
IPS SMA Kristen 1 Salatiga dengan hasil t hitung sebesar 4,076 > t tabel 1,990.R = 0,419, koefisien determinasi
R Square = 0,176 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian
tujuan penelitian dapat dicapai.