PENINGKATAN RESPECTFUL MIND MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK KEPADA SISWA KELAS XI MEKANIK INDUSTRI A SMK SARASWATI SALATIGA

Authors

  • Yahya Adi Setyawan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Tritjahjo Danny Soesilo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Setyorini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.438

Keywords:

Respectfull Mind, Bimbingan Kelompok

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, bertujuan
untuk mengetahui signifikansi peningkatan pikiran merespek (respectfull mind) dengan
layanan bimbingan kelompok kepada siswa kelas XI Mekanik Industri A (MIA) SMK
Saraswati Salatiga. Subjek penelitian adalah 10 siswa yang mempunyai pikiran
merespek rendah dan sedang. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang tiap kelompoknya terdiri dari 5
siswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala pikiran merespek oleh (Mutiara Novetree
Zebua. 2006), berdasarkan teori Gardner. Analisi data untuk menguji perbedan pikiran
merespek menggunakan analisis Mann Whitney. Perbedaan pre test dari kedua
kelompok menghasilkan p = 0,674 > 0,050, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan
antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian eksperimen
dapat dilanjutkan. Hasil analisis data setelah post test, signifikansi perbedaan antara
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol meghasilkan p = 0,009 < 0,050. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok secara signifikan
dapat meningkatkan pikiran merespek siswa kelas XI MIA SMK Saraswati Salaitga.

Downloads

Published

2019-07-31