ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KELAS XI SMA NEGERI 1 KAWAY XVI

Authors

  • Mursyida Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Yuli Amalia Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.435

Keywords:

Kesalahan Siswa, Soal Matematika, Materi Peluang

Abstract

Perubahan orientasi dan pengembangan kurikulum 2013 SMA menempatkan
matematika sebagai mata pelajaran dengan jam terbanyak dibandingkan kurikulum sebelumnya.
Peneliti menemukan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika masih banyak
khususnya materi peluang. Salah satu kelasalahan yang dilakukan siswa pada materi peluang
adalah kesalahan dalam memahami soal yang diberikan guru di SMA Negeri 1 Kaway XVI. Oleh
karena itu peneliti ingin mendeskripsikan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal
tentang materi peluang di Kelas XI SMAN 1 Kaway XVI. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kaway XVI yang berjumlah 20 orang sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah sebanyak 5 orang siswa kelas XI yang melakukan kesalahan dalam
menyelesaikan soal matematika pada materi peluang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan tes dan wawancara. Perolehan yang didapat pada penelitian ini berupa penyebab
kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi peluang adalah (1) kurang teliti, (2) belum
paham dengan materi, (3) kurang memahami kalimat, (4) tidak membagi waktu, dan siswa lama
dalam mengerjakan soal, dan (5) kurang minat. Adapun solusi dari penyebab terjadinya kesalahan
dalam penelitian ini adalah, guru selalu memberikan tugas dan latihan secara rutin sehingga siswa
mudah untuk mengingat bagaimana cara menyelesaiakan materi peluang dengan benar. Guru saat
menjelaskan contoh soal dan materi secara mendetail agar siswa mudah mengingat cara
menyelesaikan soal dengan cepat. Guru sering memberikan latihan yang berbentuk cerita nyata
yang bisa dilihat secara langsung, agar siswa terbiasa menyelesaikan soal-soal yang berbentuk
cerita. Guru selalu memberitahukan siswa untuk mengerjakan soal yang bisa terlebih dahulu. Guru
memberikan pelatihan-pelatihan untuk belajar cara menghitung cepat. Guru selalu memberikan
lomba-lomba seperti cerdas cermat, sehingga siswa mempunyai minat untuk belajar. Berdasarkan
hasil tes yang peneliti lakukan kepada subjek penelitian faktor kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal tentang materi peluang yaitu prosedur tidak tepat, data hilang, data tidak tepat,
manipulasi tidak langsung, dan kesimpulan hilang. Dari 20 orang siswa 13 yang kurang teliti
sebesar 65%, 9 orang siswa yang belum paham dengan materi sebesar 45%, 7 orang siswa yang
kurang memahami kalimat sebesar 35%, 8 orang siswa yang tidak membagi waktu, dan siswa
lama dalam mengerjakan soal sebesar 40%, dan 3 orang siswa yang kurang minat sebesar 15%.

Downloads

Published

2019-07-31