KESALAHAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERSAMAAAN LINEAR BERDASARKAN METODE CRI (CERTAINTY OF RESPON INDEKS)

Authors

  • Dazrullisa STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Arief Aulia Rahman STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Wulan Violita STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.433

Keywords:

Miskonsepsi, Metode CRI, Persamaan linear.

Abstract

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal ulangan matematika khususnya materi persamaan
linear masih kurang tepat. Hal ini disebabkan dari kesalahapahaman konsep osiswa dalam memahami materi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode CRI (certainty of respon index) dengan level
keyakinan disajikan dalam 6 skala (0: totally guessed, 1: almost a guess, 2: not sure, 3: sure, 4: almost
certain, 5: certain). Jadi, tiap butir yang berisi option jawaban selalu disertakan skala tingkat keyakinan yang
harus dipilih. Metode CRI merupakan teknik yang sederhana dan efektif untuk mengukur miskonsepsi yang
terjadi Hal ini mengetahui tingkat keyakinan responden (siswa) dari jawaban butir soal. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimana kesalahan konsep siswa pada materi persamaan linear dengan
menggunakan metode cri (certainty of respon index) kelas XI SMA Negeri1 Kuala. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi persamaan linear dengan menggunakan
metode CRI (certainty of respon index) kelas XI SMA Negeri 1 Kuala.Miskonsepsi siswa pada materi
persamaan linear dengan metode CRI (Certainty of Respon Indeks) adalah siswa yang mengalami
miskonsepsi berkategorikan tinggi terdapat 5 siswa di kelas XI Mia II atau sebesar 42%, siswa yang paham
terdapat 2 orang atau sebesar 17%, dan siswa yang berkategorikan tidak paham terdapat 5 orang siswa atau
sebesar 42%.

Downloads

Published

2019-07-31