UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL PADA SISWA KELAS II SDN PULOGEBANG 07

Authors

  • Annisa Universitas Negeri Jakarta
  • Diana Ayuningsih
  • Nadira Ekaputri
  • Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Taofik Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.432

Abstract

Keterampilan membaca sangat penting untuk dikuasai oles siswa Sekolah Dasar. Untuk meningkatkan keterampilan membaca di Sekolah Dasar adalah dengan menggunakan metode Picture Word Inductive Model (PWIM). PWIM dikembangkan sebagai bagian dari kurikulum seni bahasa dan berfokus pada pemula di sekolah dasar. PWIM membantu mengembangkan kosa kata dan keterampilan literasi awal dengan mengembangkan apa yang telah mereka ketahui. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca siswa menggunakan metode PWIM di kelas II SDN 07 Pulogebang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, pada setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, dilihat dari rata-rata keterampilan membaca pada pra siklus sebesar 55. Nilai rata-rata siswa pada siklus I menjadi 70 dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik menjadi 90. Pada pra siklus sebanyak 11 siswa tuntas belajar, siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 16, dan siklus II sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PWIM dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 07 Pulogebang.

Author Biographies

Nidya Chandra Muji Utami, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta

Taofik, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Published

2023-06-16