PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING BERBENTUK JELAJAH LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Rizka Awaluddin Pendidikan Biologi, STKIP Al Amin Dompu, Dompu, NTB
  • Muhammad Wahyu Setiyadi Pendidikan Biologi, STKIP Al Amin Dompu, Dompu, NTB

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.420

Keywords:

Outdoor learning; Explore the environment, Student learning motivation, Student learning outcomes.6

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran memiliki outdoor learning berupa eksplorasi lingkungan pada motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Bolo. Metode pembelajaran di luar ruangan Pembelajaran Bentuk eksplorasi lingkungan merupakan salah satu metode yang dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran, karena dalam kegiatan pembelajaran siswa diajak keluar kelas untuk melakukan observasi dan mengidentifikasi materi yang dipelajari. Dengan pembelajaran roaming lingkungan membuatnya memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dalam penelitian eksperimen terdapat kelompok yang dijadikan sebagai  kelompok eksperimen dan ada kelompok yang dijadikan sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian menggunakan posttes hanya desain kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Bolo terdiri dari tiga kelas. Sampel dipilih secara acak sehingga menjadi dua kelas dipilih, Kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran outdoor learning di lingkungan sekolah bentuk eksplorasi lingkungan terhadap motivasi belajar siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh metode pembelajaran berupa outdoor learning eksplorasi lingkungan terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-01-31