IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) UNTUK MENIGKATKAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 6 SDN 02 DOMPU

Authors

  • Mujiono Sang Putra PGSD, STKIP Al Amin Dompu, Dompu, NTB
  • Muhammad Wahyu Setiyadi Pendidikan Biologi, STKIP Al Amin Dompu, Dompu, NTB
  • Kamaluddin PGSD, STKIP Al Amin Dompu, Dompu, NTB
  • Edi Firmansyah Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Al Amin Dompu, Dompu, NTB

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.419

Keywords:

Implementation, Resource Based Learning, Mathematics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan pembelajaran Resource Based Learning model pembelajaran matematika yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada PT MTs.Al.Amin Malang; 2) kegiatan pembelajaran matematika dengan Resource Based Model pembelajaran; 3) respon siswa setelah pembelajaran matematika dengan Resource Based Model pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diambil adalah hasil observasi aktivitas siswa, hasil belajar siswa tanggapan, dengan model pembelajaran Resource Based Learning, sedangkan sumber data dalam hal ini belajar adalah 32 siswa kelas SD N 2 Dompu dan yang menjadi guru adalah peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning sesuai dengan langkah-langkah yang telah dibuat sebelum. Dari hasil observasi aktivitas siswa rata-rata 64,82% dengan kategori cukup baik, dan respon siswa terhadap pembelajaran 78,12% dengan kategori baik.

Downloads

Published

2023-01-31