ANALISIS PEMBELAJARAN MODEL WEBBED TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ega Komalaningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Endang M Kurnianti Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatuh Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.414

Abstract

Dalam penelitian ini, tujuan utamanya adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran model webbed terhadap keterampilan menulis siswa kelas rendah sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Metode ini melibatkan identifikasi, pengkajian, evaluasi, dan interpretasi terhadap penelitian-penelitian yang sudah ada yang berkaitan dengan pembelajaran model webbed dan keterampilan menulis siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah direview memiliki hasil yang signifikan atau memiliki hubungan positif dengan adanya penggunaan pembelajaran model terpadu model webbed yang dapat membangkitkan motivasi siswa untuk memperluas pemahaman dan dapat meningkatkan keterampilan menulis bagi siswa. Efektivitas pembelajaran model webbed juga berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa. Peningkatkan yang disebutkan yaitu bahwa pembelajaran menulis dengan bantuan pembelajaran terpadu model webbed yang dilakukan oleh guru terasa lebih menyenangkan karena dengan adanya pembelajaran tersebut siswa terlihat aktif dalam proses belajarnya, termotivasi, dan senang mengikuti pembelajaran di kelas.

Author Biographies

Endang M Kurnianti, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Pendidikan Guru sekolah Dasar di Universitas Negeri Jakarta

Uswatuh Hasanah, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Published

2023-06-12