UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUTOGRAPH MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (BRSD) PADA SISWA KELAS VIII MTs SWASTA KUALA KECAMATAN KUALA

Authors

  • Mulyadi Mulyadi STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Yuli Amalia STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i1.412

Keywords:

Peningkatan, Hasil Belajar, Media Autograph

Abstract

Penelitian ini tentang“bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media
autograph materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) pada siswa kelas VIII MTs Swasta Kuala”, agar
siswadapatmemperolehpengalamansecaralangsunguntukmeningkatkankeaktifandanprestasibelajarsehinggape
mbelajaranmenjadilebihbermakna.Latarbelakangmasalahpenelitianiniyaitukurangnyapemahamankonsep- konsepbangunruangsisidatarsehinggaparasiswahanyamenyalinapa yang di kerjakanoleh guru, selainitupara
gurukurangmemberikanpeluangpadasiswauntukmengemukakan ide-idenya. Permasalahantersebutperludicarisolusinyayaitudenganmelakukanpenelitiantindakankelas yangbertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar siswapadamateri Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD). Dengan
pembelajaranmenggunakan media autograph materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) pada siswa kelas VIII
MTs Swasta Kualadiharapkandapatmeningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penelitian ini yaituPenelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII semesterII. Teknik pengumpulan datayaitu: observasi, tes, dokumentasi. Instrumen yang di gunakan untuk
mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi RPP, lembar validasi tes, lembar validasi observasi. Teknik
analisis data yang digunakan secara deskreptif yaitu hanya mengumpulkan data yang diperoleh melalui
observasi dan tes. Dari hasil pengamatan dari dua siklus yang telah peneliti laksanakan terdapat peningkatan
hasil belajar siswa yaitudengan menggunakan media autograph materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD)
pada siswa kelas VIII MTs Swasta Kualatelahmeningkathal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata yang
diperoleh pada siklus I yaitu sebesar67,76 siswa yang mencapaiKKM sedangkan pada siklus IIada
peningkatan nilai rata-rata yaitusebesar 78,12 yang berarti seluruh siswa telah mencapai KKM.

Downloads

Published

2019-01-31