PENGARUH PERSEPSI ATAS KINERJA GURU DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKn

Authors

  • Nanda Lega Jaya Putra STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i1.411

Keywords:

Kinerja Guru, Kepala Sekolah, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi atas kinerja guru
dan persepsi atas kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Mengetahui pengaruh
persepsi atas kinerja guru dan terhadap motivasi belajar siswa. Mengetahui pengaruh persepsi
atas kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan
adalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMK
Analis Kesehatan di Jakarta Timur. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara,
pengamatan langsung, penyebaran angket. Anilisis data dengan metode regresi sederhana dan
regeresi ganda. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji f. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal
10 maret sampai 31 mei 2013. Hasil penelitian menunjukkan persepsi atas kinerja guru dan
kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan analisa regresi ganda adalah
sebagai berikut : Ÿ = 49,641 + 0,473 X1 + 0,220 X2. Sedangkan t = 3,888 dan 2,066 Dari
persamaan tersebut secara bersama – sama menunjukkan bahwa variabel persepsi atas kinerja
guru dan kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 47,4% dan sangat
signifikan (Koef Determinasi R2 = 22.5% dengan nilai uji F = 8,275). Begitu pula setiap
kenaikan satu unit kinerja guru menaikan sebesar 0,473 unit secara signifikan (to= 3,888 lebih
besar dari ttabel) ceteris paribus. Lebih lanjut pula setiap kenaikkan satu unit kinerja kepala
sekolah akan meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,220 unit secara signifikan (to=
2,066 lebih besar dari ttabel)ceteris paribus.

Published

2019-01-31